0812 6300 5399

Jl Simangambat Kel Pasar Sipirok Kec Sipirok Kab Tapanuli Selatan

Kami Siap Memberikan Kompetensi, Itu Komitmen Kami

Semoga Anda berkenan Bergabung Bersama Kami, Kursus YES, Narkoba NO

Jumat, 01 Desember 2017

Guru harus Tanamkan Nilai Karakter

Guru adalah garda terdepan untuk menentukan nasib bangsa di masa akan datang, apabila seorang guru tidak memberikan yang terbaik, maka generasi masa depan tidak akan ada perubahan. Terutama dalam hal menanamkan karakter seseorang, agar mereka mempunyai bekal yang kuat untuk mengemban masa depan bangsa ini.
Sekarang ini, masalah guru tetap pada kesejahteraan, itu tidak bisa dipungkiri, banyak guru yang tidak mendapat perhatian lebih pada kesejahteraannya. Tentu pemerintah juga tidak bisa disalahkan, seorang guru juga musti meningkatkan kualitasnya sehingga ada umpan balik dari pemerintah. Lihat saja guru guru yang sudah sertifikasi, kalo dilihat di lapangan sama saja dengan guru non sertifikasi, artinya masih ada yang salah dalam pengembangan mutu pendidik di setiap satuan pendidikan.

Khusus tapanuli selatan, tentu sudah banyak juga guru yang melek Informasi Teknologi, jika masih menggunakan pola pembelajaran yang lama, peserta didik pasti bosan dan kita juga sebagai guru akan mudah bosan, karena tahun ke tahun cara mengajar tetap sama. Sehingga saat ini waktu yang tepat merubah cara mengajar, saya ada saran untuk cara guru menanamkan nilai nilai karakter yang kuat kepada peserta didiknya. Setiap guru wajib memberikan satu nilai karakter di setiap jam pembelajaran, sehingga peserta didik mendapat nilai karakter yang sangat banyak pada saat menempuh sekolah baik tingkat dasar sampai atas.
Bila perlu, dinas pendidikan daerah tapanuli selatan musti memasukkan ini kedalam program pembelajaran setiap sekolah, harus kita sadari tidaklah cukup menjalankan program nasional, kita juga harus punya ciri khas daerah kita. Seperti yang saya ungkapkan tadi, bahwa setiap jam pembelajaran guru wajib memberikan nilai karakter, seperti pada pertemuan pertama guru menyampaikan betapa pentingnya orang jujur dan pertemuan selanjutnya guru menyampaikan betapa meruginya orang yang malas, begitu seterusnya. Jadi selain peserta didik mendapat wawasan juga menguatkan nilai kebaikan.
Guru harus berani berinovasi, tanpa itu kita akan tetap jalan ditempat. Bukankah masa depan bangsa ini juga adalah masa depan anak cucu kita.
Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Silahkan Anda Berikan Komentar

Ayo Kursus di BSJ, agar masa depan cemerlang, segera bergabung bersama kami di - http://lkpbsjsipirok.blogspot.co.id/
Ikuti Berita Kami